Yang Baru Tahu Di Catet dan Dibagikan Di Blog General ini

Pengertian Suaka Marga Satwa dan contohnya

Pengertian Suaka Marga Satwa

Suaka margasatwa (Suaka: perlindungan; Marga: turunan; satwa: hewan) adalah Hutan suaka alam yang ditetapkan sebagai suatu tempat hidup margasatwa yang mempunyai nilai khas bagi ilmu pengetahuan dan kebudayaan serta merupakan kekayaan dan kebanggaan nasional.

Contoh Suaka Marga Satwa

1. Pulau Komodo dan Rinca 

Terletak di antara Sumbawa dan Flores, pulau Komodo dan Rinca adalah rumah bagi komodo

2. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di semenanjung barat daya provinsi Kalimantan Tengah. Taman Nasional ini  merupakan lokasi pertama di Indonesia yang menjadi pusat rehabilitasi orangutan, salah satu satwa langka yang dilindungi.

3. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas terbentang seluas 1300 km persegi di hutan dataran rendah, di sekitar Sungai Way Kambas, di pantai timur Lampung. Tempat ini merupakan rumah bagi spesies-spesies yang keberadaannya hampir punah seperti gajah, badak, dan harimau

4. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser terletak di dua provinsi yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Taman Nasional ini juga dikenal sebagai Kawasan Ekosistem Leuser yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Di tempat ini, terdapat 130 spesies seperti harimau sumatera, gajah, badak, siamang, kera, macan tutul, dan lain-lain. Lalu, juga terdapat 325 spesies burung.


5. Taman Nasional Wasur

Berlokasi di Papua, Taman Nasional Wasur merupakan lahan basah yang sangat luas. Lahan basah di Taman Nasional ini menjadi ekosistem paling produktif dalam menyediakan bahan pakan dan perlindungan bagi kehidupan berbagai jenis ikan, udang, dan kepiting yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Baca juga : Pengertian Hutan Lindung dan Contoh Hutan Lindung

Referensi :
https://www.selasar.com/budaya/5-suaka-margasatwa-di-indonesia
https://id.wikipedia.org/wiki/Suaka_margasatwa




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Suaka Marga Satwa dan contohnya

loading...